Kenapa Gigi Saya Goyang ya…???

gigi goyangHari ini, datang ke saya pasien dengan keluhan giginya sering goyang serta banyak sisa akar gigi yang membuat pasien tersebut menjadi tidak nyaman ketika makan. Sebelumnya pasien tersebut telah berobat ke dokter periodonsi karena ternyata gusinya juga bermasalah. Pasien ingin sekali agar sisa-sisa akar gigi tersebut dicabut dan gusinya diperbaiki. Saat saya memeriksa gigi pasien tersebut yang terlintas dalam benak saya adalah pasien ini mengalami penurunan gusi atau resesi akibat sangat tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi mudah goyang & tidak kokoh, faktor penyebabnya berbagai macam bisa karena penyakit sistemik seperti diabetes melitus, kebersihan gigi yang kurang dijaga, dll. Pasien ini datang dengan kondisi kebersihan gigi yang kurang baik, banyak terdapat karang gigi yang menempel sehingga menyebabkan gusi menurun dan tidak mampu menopang gigi lagi.

See….Akibatnya giginya mudah sekali goyang kan ditambah lagi dengan banyaknya gigi yang berlubang akibat kuman-kuman yang menempel dengan jangka waktu yang lama….Gejala awal dari gigi goyang ini memang tidak banyak dirasakan oleh kebanyakan pasien, tapi umumnya pasien dengan karang gigi yang banyak biasanya gusinya menjadi mudah berdarah jika menyikat gigi atau gusinya menjadi kemerahan atau yang biasa disebut gingivitis. Klo gejala-gejala seperti ini didiamkan saja, maka bukan hal yang tidak mungkin nanti gusi kita menjadi semakin rusak seperti gusi bengkak (gingivitis), terjadi kerusakan tulang seperti timbul poket, gigi menjadi berlubang bahkan sampai gigi goyang dengan derajat yang paling parah (goyang derajat 4).

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut cukup dengan menyikat gigi secara teratur 2x sehari (pagi setelah sarapan & malam sebelum tidur) selama kurang lebih 4 menit.
Jika sudah mengalami gejala seperti diatas sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi. Gigi pasien tersebut akhirnya dibersihkan atau yang disebut scalling dari seluruh karang gigi yang menempel dengan harapan akan terbentuk perlekatan baru pada gusinya sehingga nantinya akan lebih kuat menopang gigi. Sedangkan, sisa-sisa akar gigi yang ada dicabut agar tidak menimbulkan infeksi lebih lanjut.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk kamu & mari kita jaga kesehatan gigi & mulut kita, karena hidup ini indah jika gigi kita sehat.

salam

-AR-

About Atik Ramadhani

I am a Dentist

Posted on April 25, 2011, in Periodontologi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Kirimkan pendapat atau pertanyaan-pertanyaan seputar ked. gigi & aku akan menjawab (^_^)V

  2. Dok,kenapa gigi keluarga ibu saya pada goyang di usia muda dan ompong d..Tante dan om saya sudah ompong di usia sebelum 40 tahun, sehingga memakai gigi palsu. Ibu saya gigi atasnya juga banyak yang goyang dan ada yang dicabut di usia 58 tahun.Kan serem dok…
    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: