Kisah Bahagia Melahirkan di Kagoshima, Jepang Part 1

Abdelrahman Azan ReskiTepat kira-kira 1.5 bulan yang lalu Allah SWT menganugerahiku seorang bayi laki-laki yang lucu dan menggemaskan. Abdelrahman Azan Reski lahir pada tanggal 02 Januari 2013 di Shiritsu Byouin, Kagoshima, Jepang dengan sehat (BB: 3.2 Kg dan panjang badan: 49.6 cm). Hamil dan melahirkan di Jepang banyak memberiku pelajaran, padahal tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa saya akan melahirkan dan membesarkan anak di negeri orang. Hamil tidak menjadikanku mundur dalam mencapai cita-citaku ingin bersekolah kembali dan menjadi seorang ibu dan pelajar adalah 2 hal yang menurutku bisa saling mendukung dan saling mengisi prioritasnya masing-masing. Sebelum berangkat saya sudah mempersiapkan segala sesuatu dari dokter kandungan saya di Indonesia, mulai dari surat keterangan dari dokter, hasil-hasil USG sebelumya dan juga hasil pemeriksaan lab. Saya bawa dan copy dengan rapih. Saat tiba di Jepang usia kehamilanku 7 bulan, alhamdulillah pada saat naik pesawat tidak ada kendala dan azan begitu mengerti kondisi bundanya meskipun masih didalam kandungan. Hari-hari pertama hamil di Jepang, saya harus mengurus semua kelengkapan administrasi demi lancarnya proses cek kesehatan dan kelahiran. Hari ke-3 saya pergi ke RS (しりつ びょういん) atas rekomendasi teman saya yang sebelumnya sudah hamil duluan di 鹿児島, kebetulan RS yang dituju adalah RS pemerintah (publik). Saya langsung mendaftar dan membuat janji dengan perawatnya. Saya meminta agar dokter kandungannya perempuan, alhamdulillah Kawabata せんせい membantu saya selama di Jepang. Kemudian selanjutnya saya pergi ke しゃくしよう untuk menanyakan perihal kehamilan dan melahirkan selama di Jepang, dan petugasnya menjelaskan bahwa saya harus pergi ke bagian childwalfare. Dari tempat itulah saya mendapatkan 1 pak lengkap buku catatan kehamilan (ぼうし てちょう) dan tiket gratis periksa kehamilan berserta informasi-informasi lainnya. Ada satu hal yang menarik adalah adanya gantungan kunci untuk ibu hamil sebagai penanda jika kita naik bus atau kereta mendapat “priority sitting”. ^^ alhamdulillah

Boshi Techo and Gantungan Kunci

(Ini adalah buku kesehatan ibu dan anak beserta tiket gratis setiap kali pemeriksaan di Rumah Sakit. Program ini sangat membantu sekali terutama bagi kita yang berstatus mahasiswa ^^. Sedangkan, yang ditengah adalah gantungan kunci utk mendapatkan Priority Sitting ketika berada di bus atau di kereta).

Selain itu, saya juga mengurus untuk mendapatkan susu gratis dari pemerintah Jepang dengan datang ke bagian ほっけん センタ. Dibantu dengan teman, disana saya mengisi beberapa aplikasi dan alhamdulillah mulai bulan depan saya bisa mendapatkan susu gratis sebanyak 2 box/bulannya hingga melahirkan nanti. Pengambilan susu tidak dilakukan setiap bulannya melainkan per 3 bulan yang diambil di ほっけん センタ.

Pemerintah Jepang dengan sistem asuransinya ternyata memberikan keringanan dalam proses kelahiran dengan bantuan subsidi sebesar 42.000 yen baik untuk warga pribumi ataupun warga asing. Subsidi ini sangat membantu karena pengalaman saya melahirkan biaya yang dikeluarkan meskipun di RS pemerintah mencapai 66. ….Dengan adanya subsidi ini saya hanya cukup membayar sisanya saja yaitu …..

About Atik Ramadhani

I am a Dentist

Posted on February 20, 2013, in Daily Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

